Jumat, 29 September 2017

Tanaman Pemakan Serangga

Hai selamat datang di blog ini,kemungkinan besar dari kalian pasti tidak sengaja mengunjungi blog ini, entah itu karena kepencet atau perangkat anda error.Berhubung kalian sudah meng klik pada blog ini jadi alangkah baiknya kalian membaca sekaligus belajar tentang macam macam Tanaman Pemakan Serangga yang ada dan hidup di dunia ini.PERINGATAN perlu di pastikan bahwa beberapa Tanaman Pemakan Serangga yang akan saya sebutkan ini berbahaya bagi kehidupan anda maupun keluarga atau sanak saudara anda dan jauhkan dari jangkauan anak anak. Oke langsung saja ke Tanaman Pemakan Serangga yang pertama.

1.Tanaman Pemakan Serangga bernama VENUS.

   Tanaman Pemakan Serangga yang satu ini memiliki ciri khas yang sangat unik dan sangat mudah untuk di ingat,yaitu pada kelopak daunnya yang berbentuk seperti dua telapak tangan 1 manusia yang saling berpegangan dan di setiap ujungnya terdapat duri duri yang menyerupai gigi yang memiliki fungsi untuk menjerat serangga yang telah masuk ke dalam perangkapnya tersebut.

  Kemampuan untuk menangkap seranggga ini dikarenakan oleh rambut halus yang ada di kelopak daun Tumbuhan Pemakan Serangga yang satu ini.Lalu bagai manakah
Tumbuhan Pemakan Serangga ini bisa menyerap cairan yang ada di tubuh hewan yang sudah terjerat tersebut? Jawabanya ialah karena tumbuhan venus memiliki enzim yang dapat menghisap habis cairan yang ada di tubuh serangga tersebut.

2.Tumbuhan Pemakan Serangga bernama KANTONG SEMAR.
    
   Kantong Semar atau dengan nama lain Nepenthes ini dapat kita jumpai di berbagai daerah di indonesia.Walaupun tumbuhan ini berjenis Tumbuhan Pemakan Serangga akan tetapi tanaman ini dapat dijadikan wadah untuk nasi lemang.Tumbuhan ini memiliki ciri khas yang dapat di ingat dengan mudah yaitu dengan memiliki bentuk fisik yang menyerupai gentong atau kantong yang memiliki penutup di atasnya.

Bagaimana kah cara agar Kantong Semar ini dapat menangkap mangsanya? Ternyta jawabanya ialah karena Tumbuhan Kantong Semar ini memiliki lendir di setiap bibir tumbuhan ini yang dapat membuat seangga yang mendekat akan terpeleset dan akan masuk kedalam perut KantungSemar itu yang lalu akan disertai dengan daun yang ada diatas bubur Kantung Semar akan menutup sehingga membuat serangga yang telah terperangkap tidak akan bisa menemukan jalan keluar lalu cairan dari serangga tersebut akan di hisap sampai benar benar kering yang akan membuat serangga tersebut lama kelamaan badanya akan hancur dan lenyap,nah saat tubuh serangga itu lenyap tutup atau daun Kantong Semar itu akan terbuka untuk menunggu mangsa berikutnya.


3.Brocchinia Reducta
   Tanaman karnivora asli dari amerika selatan ini mampu menyesuaikan diri bagaimanapun keadaan lingkunganya.Untuk dapat menjebak mangsanya ia menggunakan daunya yang membentuk seperti cangkir,daunya memiliki pori pori yang bisa meresleksikan cahaya ultraviolet tanaman ini memiliki bau yang manis sehingga dapat menarik perhatian semut dan serangga lainya.Begitu serangga mulai tertarik dan hinggap di bibirnya mereka akan tergelincir masuk kedalam dan perlahan akan tenggelam.
Fungsi lain dari tanaman ini adalah sebagai penghias ruangan karena memiliki bentuk fisik yang lumayan bagus untuk digunakan sebagai hiasan rumah dan juga dapat menghemat penggunaan obat pengusir serangga yang mungkin memiliki efek samping bagi kesehatan.Jika anda menggunakan tanaman ini untuk pengusir serangga adalah pilihan yang sangat efektif karena tanaman ini memili aroma yang manis dan tidak berbau busuk.

4.Aldrovanda Vesiculosa

 Tanaman Pemakan Serangga yang satu ini merupakan satu satunya yang masih eksis.Tanaman ini memangsa hewan inverbrata yang kecil perangkapnya terdiri dari dua cuping yang melipat dibawah air,didalamya terdapat bulu yang sangat sensitiv yang langsung bereaksimana kala jika bulu tersebut melakukan kontak dengan calon mangsanya.
Jika anda memiliki akuarium ikan,alangkah baiknya jika anda juga menaruh tanaman ini di akuarium anda,selain karena bentuknya yang lumayan indah tanaman ini juga dapat membantu anda untuk membersihkan akuarium anda darihewan inverbrata kecil yang mungkin dapat berkembang biak di dalam akuarium anda,PERINGATAN jangan menarung tanaman ini jika anda ingin membududayakan ikan ikan anda karena tumbuhan ini akan memakan bibit ikan yang masih kecil ataupun telur ikanya.



5.Sarracenia

  Tumbuhan ini terkenal dengan julukan kendi terompet.Tanaman ini merupakan tanaman asli dari wilayah amerika utara.Untuk memikat mangsa agar masuk ke dalam perutnya,ia menggunakan bau,nektar,dan warna.Begitu terperangkap serangga hampir mustahil untuk bisa keluar atau meloloskan diri dari perangkap tanaman ini karena memiliki bibir tabung yang begitu licin.Didalam perutnya sendiri terdapat cairan dan enzim yang dapat membuat korbanya tenggelam dan pencernaan pun dimulai.

Tanaman ini cocok digunakan sebagai penghias halaman belakang anda sekaligus pengusir serangga,lalat dan hama lainya.Karena warnanya yang bagus jika tumbuhan ini berjumlah banyak maka bisa digunakan spot foto yang indah di pekarangan rumah anda sendiri.


Nah itulah beberapa contoh Tanaman Pemakan Serangga yang saya ketahui.Semoga bisa menambah ilmu kalian.Dan jika kalian masih belum pahan atau ada sedikit masalah tentang apa yang kalian baca ini,silahkan tulis di kolom komentar oke? Terimakasih gaes.